Finalisasikan Administrasi Sekolah Tahun Pelajaran 2022/2023 Se-Kecamatan Kamang Baru di SMPN 11 Sijunjung

 

Ibu Riswel, Bapak Ruswanon dan Bapak Masril saat pembukaan Finalisasi ADM SMP di SMPN 11 Sijunjung Sungai Tambang, se kecamatan kamang baru kabupaten sijunjung Sumatera Barat Agustus 2022

Komunitas Kepala Sekolah tingkat SMP yang berada di Kecamatan Kamang Baru menggelar kegiatan mandiri di SMPN 11 Sijunjung pada hari Rabu 24 Agustus 2022. Kegiatan ini di hadiri oleh Pengawas sekolah tingkat SMP, RUSWANON M.Pd dan 14 sekolah yang terdiri dari SMP 10, SMP 11, SMP 17, SMP 18, SMP 21, SMP 26, SMP 35, SMP 37, SMP 43, SMP 44, SMP 46, SMP 48, SMPs PEMBINA dan SMP IT GLOBAL TECHNO. Ibu Riswel Asrita, S.Pd Selaku Kepala Sekolah SMPN 11 Sijunjung dan Tuan Rumah Kegiatan membuka kegiatan dengan beberapa penyampaian tujuan kegiatan dan dilanjutkan penyampaian dari KORWAS SMP. Dalam arahannya, Ruswanon menyampaikan bahwa untuk saat ini sebagai program percepatan pembelajaran dan pemulihan pendidikan, Kemendikbudristek menegaskan untuk semua sekolah melaksanakan kurikulum merdeka. Satuan pendidikan dengan mudah mengakses implementasi kurikulum merdeka melalui guru.kemdikbud.go.id. Di dalam laman tersebut ada banyak pelatihan dan berbagai macam video implementasi kurikulum merdeka.

Lebih lanjut ruswanon menyampaikan bahwa dengan adanya kurikulum merdeka, jelas bahwa ada terjadinya perubahan di kelas, baik bagi guru, murid, ataupun sekolah. Salah satu perubahannya adalah di kurikulum merdeka ini lebih mengutamakan pemahaman konsep. Di kurikulum merdeka, guru mengajarkan materi-materi yang lebih sederhana sehingga bisa mendalami materi pelajaran tanpa harus terburu buru untuk masuk ke materi selanjutnya. Hal ini lebih baik karena pemahaman konsep lah yang paling penting, bukan hanya sekedar menghafal yang akan membuat murid lebih mudah lupa.

Dalam penyelenggaraannya, kurikulum operasional di satuan pendidikan (KOSP) perlu menjadi dokumen yang dinamis, yang diperbarui secara berkesinambungan, menjadi referensi dalam keseharian, direfleksikan, dan terus dikembangkan. Penyusunan dokumen kurikulum operasional di satuan pendidikan hendaknya dimulai dengan memahami secara utuh struktur kurikulum merdeka.

Dengan adanya kegiatan ini, Ruswanon mengharapkan seluruh satuan pendidikan dapat memahami perubahan yang terjadi di dalam kurikulum merdeka dan menyelesaikan penyusunan dokumen di satuan pendidikan tersebut, diantaranya KOSP dan program kerja kepala sekolah. (Riswel)

 


Posting Komentar untuk "Finalisasikan Administrasi Sekolah Tahun Pelajaran 2022/2023 Se-Kecamatan Kamang Baru di SMPN 11 Sijunjung"