Antusiasme Masyarakat Pada Pembukaan Lubuk Larangan Nagari Sungai Lansek

 

Antusiasme Masyarakat Pada Pembukaan Lubuk Larangan Nagari Sungai Lansek

Sungai Lansek — Tradisi adat panen ikan atau lubuk larangan di nagari Sungai Lansek, Kec. Kamang Baru, Kab. Sijunjung, Sumatera Barat. Sungai Batang Takung yang mengaliri daerah nagari Sungai Lansek itu sendiri yang menjadi kawasan terlarang atau lubuk larangan tersebut. Tradisi lubuk larangan ini dilakukan sekali setahun pada waktu tertentu atau hari-hari besar saja.

Lubuk larangan merupakan tradisi memanen ikan besar-besaran, pembukaan lubuk larangan di nagari Sungai Lansek itu sendiri berlokasi disepanjang Sungai Batang Takung yang telah disepakati bersama sebagai kawasan terlarang dalam menangkap ikan dengan cara apapun. Kesepakatan ini terdapat dalam aturan adat yang berlaku pada nagari Sungai Lansek.

Memanen ikan atau lubuk larangan ini dibuka pada Sabtu, 3 September 2022 s/d Minggu, 11 September 2022 disetiap akhir pekan. Acara ini diketuai oleh Bapak Muslim (Mak Tem) Selaku Ketua Pemuda Nagari sekaligus merupakan Ketua KOMITE SMPN 10 SIJUNJUNG dengan dibantu seluruh elemen pemuda kenagarian Sungai lansek menyampaikan bahwa acara ini sifatnya terbuka untuk siapa saja yang ingin memancing atau menjala ikan baik dari warga daerah Sungai Lansek ini sendiri maupun Warga dari daerah/kabupaten lain yang ikut meramaikan kegiatan ini, asalkan menangkap ikannya dengan cara yang tidak merusak sungai dan ekosistem ikan di sepanjang sungai. Tentunya panitia lubuk larangan ini juga telah memberikan aturan dan persyaratan bagi setiap pemancing, dimana setiap pemancing sudah harus membeli karcis dengan harga yang ditentukan panitia dan memiliki kartu tanda pemancing dari panitia tersebut.

Antusiasme masyarakat begitu tinggi terhadap tradisi satu tahun sekali ini, tidak hanya masyarakat nagari Sungai Lansek saja yang datang berbondong-bondong ke lokasi sungai lubuk larangan tetapi juga banyak pemancing-pemancing dari luar nagari Sungai Lansek ikut meramaikan acara tersebut, demi mendapatkan ikan-ikan yang banyak, besar dan tentunya lezat untuk diolah menjadi masakan nantinya.

Penulis : David Leo Saputra (Ketua IMS Sei.Lansek)


1 komentar untuk "Antusiasme Masyarakat Pada Pembukaan Lubuk Larangan Nagari Sungai Lansek"