![]() |
7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat ( 7KAIH ) |
Penerapan dan Optimalisasi 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat di SMPN 10 Sijunjung
- Pembiasaan Sejak Dini : Gerakan ini bertujuan menanamkan karakter sejak dini, sehingga pembiasaan harus dilakukan secara berkelanjutan.
- Integrasi dalam Kehidupan
Sehari-hari: 7 KAIH mencakup aspek fisik, mental, dan
spiritual yang terintegrasi dari bangun tidur hingga kembali tidur, memastikan
kualitas hidup yang seimbang.
- Penekanan pada Kebiasaan
Sederhana: Perubahan besar dapat dimulai dari
kebiasaan-kebiasaan sederhana. Melalui pembiasaan 7 KAIH, diharapkan dapat
membentuk individu yang sehat, cerdas, dan berkarakter.
- Libatkan Semua Pihak:
Pembentukan karakter yang kuat membutuhkan kerja sama dan keterlibatan dari
keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk menciptakan ekosistem yang mendukung.
- Gunakan Metode yang Menyenangkan:
Menerapkan kebiasaan baik harus dilakukan dengan metode yang membuat anak
merasa sadar, bermakna, dan gembira.
- Sesuaikan dengan Kearifan Lokal: Penerapan 7 KAIH dianjurkan untuk disesuaikan dengan konteks dan kearifan lokal agar lebih efektif dan dapat diterima.
Optimalisasi Pelaksanaan Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat di Kabupaten Sijunjung Sumatersa Barat (Gerakan 7 KAIH) yang dapat dilaksanakan dengan cara :
1. Mengimplementasikan Gerakan 7 KAIH sesuai
dengan panduan pada tautan : https://s.id/panduanG7KAIH
dengan menggunakan metode atau cara yang penuh kesadaran (mindfulness),
bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful);
2.
Mengedukasi peserta didik melalui pemutaran
lagu-lagu dan klip video dari album 7 KAIH pada
tautan: https://bit.ly/album7kaih secara
rutin sebelum proses kegiatan belajar mengajar, di sela jeda pembelajaran,
serta dalam kegiatan luring/daring/hybrid termasuk memanfaatkan media publikasi dan informasi yang tersedia di satuan pendidikan;
3.
Membudayakan semangat positif peserta didik dengan
penggunaan yel-yel “Anak Indonesia
Hebat-Sehat, Cerdas, Berkarakter” sesuai tautan: http://bit.ly/yelyelAIH
sebagai
elemen penyemangat dalam pembukaan, penutupan, atau jeda kegiatan pembelajaran;
4.
Mengimplementasikan Pertemuan Pagi Ceria
melalui Senam Anak Indonesia Hebat minimal dua (2) kali dalam seminggu sesuai
tautan:https://bit.ly/senamAIH dilanjutkan
dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan berdoa bersama sebelum
pembelajaran, agar membangkitkan semangat dan meningkatkan kebugaran fisik
peserta didik untuk siap belajar dengan energi positif;
5. Melaksanakan jeda ceria sesuai panduan pada
tautan:https://s.id/jeda-ceria di sela-sela
proses pembelajaran untuk menyegarkan suasana, mengurangi kejenuhan, dan
mengembalikan fokus peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran;
6. Mengisi tautan https://bit.ly/tinjut7kaih
sebagai laporan implementasi Surat Edaran
Bersama Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 1 Tahun 2025, Menteri Dalam
Negeri Nomor 800.2.1/225/SJ,
dan Menteri Agama Nomor 1
Tahun 2025 tentang Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan di Satuan
Pendidikan;
7. Satuan pendidikan, keluarga, masyarakat
(organisasi atau mitra) dan media di wilayah kerja masing-masing berkolaborasi
untuk mengintegrasikan 7 KAIH dalam
berbagai kegiatan program penguatan karakter.
8. Kepala Sekolah Satuan Pendidikan (PAUD, SD
dan SMP) melakukan kerjasama dengan
mendorong pendidik dan tenaga pendidik, melakukan edukasi dan sosialisasi
Gerakan 7 KAIH melalui berbagai media dengan menyesuaikan kearifan lokal daerah
masing-masing.
Posting Komentar untuk "Penerapan dan Optimalisasi 7 Kebiasaaan Anak Indonesia Hebat"