Peran Guru Penggerak 3 Tahun Yang Akan Datang

 Tugas 1.2.a.6

Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2

Gambaran diri sebagai guru penggerak dimasa depan

Oleh               : Sri Yanti,A.md.RO,S.Pd

CGP Angkatan 6 Kabupaten Sijunjung

Fasilitator       : Kasminar Limbong,S.Pd,M.M

PP                : Figo Selfi,S.Pd

Peran guru penggerak 3 tahun yang akan datang :

  1. Sebagai seorang guru penggerak saya harus bisa menjadi pemimpin pembelajaran yang selalu mendorong tumbuh kembangnya murid secara Holostik ( cara pandang yang menyeluruh atau secara keseluruhan ), aktif, dan pro aktif.
  2. Sebagai seorang guru penggerak saya harus bisa menjadi coach bagi rekan guru lain yang akan Bersama-sama mewujudkan Pendidikan yang lebih baik terutama di sekolah saya demi mewujudkan dan mendukung profil pelajar Pancasila.
  3. Saya sebagai seorang guru penggerak harus bisa menjadi pendorong terjadinya kolaborasi antar sesama guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menjadikan pembelajaran lebih menarik dan berpihak pada murid. Sehingga akan ada perubahan yang terjadi di sekolah saya kearah yang lebih baiklagi, sesuai dengan tuntutan zaman. Walau demikian sebagai seorang guru penggerak saya akan tetap mempertahankan budaya daerah karena itu adalah suatu yang harus dipertahankan dan kita wariskan kepada anak generasi berikutnya.
  4. Sebagai seorang guru penggerak saya harus bisa mewujudkan kepemimpinan murid, dimana setiap murid memiliki kemampuan dan keinginan untuk secara positif mempengaruhi kehidupan mereka sendiri. Dalam upaya pembentukan kepemimpinan murid saya berupaya mendorong murid untuk mampu membuat keputusan, pilihan dan memberikan pendapat terkait dengan proses belajar yang mereka lakukan.



  1. Sebagai seorang guru penggerak saya harus bisa menjadi penggerak komunitas, dimana dalam kegiatan MGMP saya harus bisa memberikan motivasi kepada teman-teman untuk dapat Bersama-sama mengembangkan sisitem pembelajaran supaya lebih menarik dan mudah dipahami.

Nilai-nilai guru penggerak yang akan saya kuasai 3 tahun kedepan adalah :

  1. Mandiri

Sebagai seorang guru penggerak saya harus memiliki kesadaran dari dalam diri untuk dapat melakukan perubahan, baik dari dalam diri sendiri maupun terhadap lingkungan karena guru yang mandiri adalah guru yang yakin terhadap dirinya sendiri bahwa dirinya mempunyai potensi sehingga timbul rasa percaya diri, guru penggerak juga harus mempunyai rasa tanggung jawab yang besar terhadap sesuatu yang ditugaskan padanya. Juga harus memiliki sifat yang inisiatif dan kreatif dan mampu menerima perubahan. Karena guru adalah role model bagi muridnya, jadi guru harus memiliki kecakapan dan keterampilan yang patut ditiru.

  1. Reflektif

Seorang guru penggerak harus berfikir yang bermakna yang didasarkan pada alasan dan tujuan.

Seorang guru penggerak harus melakukan evaluasi diribaik yang positif maupun yang negative, dari hasil evaluasi diri itulah nantinya dapat dijadikan sebagai dasar untuk memperbaiki kualitas diri dimasa yang akan datang

Contohnya, saya selalu membuat jurnal harian dari jurnal itu Nampak hal positif yang saya lakukan dalam beberapa waktu yang lalu, dan juga disitu Nampak hal-hal yang tidak baik yang saya lakukan beberapa wakt yang lalu. Hal positif yang telah dilakukan akan dipertahan kan dan dilakukan secara berkelanjutan dan hal negative yang dilakukan akan berupaya untuk dilakukan perubahan.

  1. Kolaboratif

Sebagai seorang guru penggerak, kolaboratif menjadi kunci dari pemikiran yang kreatif, kolaboratif itu penting untuk mencapai hasil terbaik saat menyelesaikan masalah yang rumit.

Kolaboratif yang pernah saya lakukan sehubungan dengan peran saya sebagai guru penggerak adalah :

a.    Pengalaman sebagai pembina upacara

b.    Menjadi pembina ekstrakulikuler pramuka, disana saya berkolaborasi dengan pelatih dan kakak-kakak senior untuk membina dan membentuk karakter murid, juga melakukan kegiatan dilapangan untuk meningkatkan kecakapan murid.



c.    Membiasakan murid untuk membaca di pojok literasi kelasnya, dengan cara menyediakan buku yang disukai oleh murid

d.    Bekerjasama dengan guru lain dalam kegiatan P5 dengan cara mengajak murid mengolah smapah menjadi kerajinan.

e.    Ikut dalam kegiatan PIK_R disekolah dengan cara membantu mensosialisasikan pentingnya zat besi bagi tumbuh kembangnya remaja dan membagikan tablet tambah darah pada murid perempuan.

f.     Mengikuti kegiatan MGMP Bersama teman satumata pelajaran, mendiskusikan dan menciptakan media pembelajaran yang menarik bagi murid.

  1. Inovatif

Sebagai seorang guru penggerak saya harus bisa membawa hal-hal baru pada Pendidikan disekolah. Dalam membawa perubahan disini saya selalu berupaya mencontohkan hal-hal baru yang jarang atau belum pernah dilakukan murid sebelumnya. Sebagi contoh disekolah saya masih banyak murid yang susah sekali untuk di minta memasukan bajunya dan memakai sepatu selama di sekolah supaya kelihatan rapi, saya berusaha membeikan saran dan terkadang juga memberikan sanksi sebagai efek jera bagi murid itu sendiri dan murid yang lain nya tidak akan mencontoh hal yang sama, juga terhadap pemakaian aksesoris saya selalu mengingatkan murid bahwa tidak boleh memakai aksesoris kesekolah kecuali jam tangan apalagi yang berbau perhiasan berharga, karena itu bisa memicu rasa cemburu social bagi teman yang tidak punya. Dalam pembelajaran saya juga berupaya untuk menggunakan media pembelajaran yang menarik dan lebih banyak praktek untuk murid.



  1. Berpihak pada murid

Sebagai seorang guru penggerak saya akan mengutamakan kepentingan murid sehingga tidak hanya sebagai pengajar namun dapat menjadi penuntun dan menjadi fasilitator dalam proses pengembangan potensi dan pembentukan karakter murid, sehingga menjadi pribadi yang baik sesuai dengan profil pelajar Pancasila.


Salam guru penggerak SMPN 10Sijunjung.

Posting Komentar untuk "Peran Guru Penggerak 3 Tahun Yang Akan Datang"