10 Manfaat Jadi Pengurus OSIS, Minat untuk Gabung?



Ingin belajar berorganisasi? Bagi siswa-siswi SMPN 10 Sijunjung, bisa banget bergabung dalam Organisasi Intra Siswa Sekolah (OSIS), lho.

Dikutip dari laman web Kemdikbud, dalam artikel berjudul OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) Melatih Anak SMP Menjadi Seorang Pemimpin, OSIS merupakan wadah bagi peserta didik untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa sesuai dengan visi-misi sekolah.

Tidak hanya belajar mengenai organisasi, ternyata kamu juga bisa mendapat pembentukan jiwa kepemimpinan, lho. Jiwa kepemimpinan dalam generasi muda dinilai penting oleh Direktur Sekolah Menengah Pertama Drs. Mulyatsyah, M.M.. Hal ini dikarenakan generasi muda dengan jiwa kepemimpinan akan mampu menggerakkan kehidupan di sekitarnya untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Namun, ternyata masih banyak hal yang bisa didapat bila bergabung dengan OSIS. Seperti dikutip dari laman web BPK Penabur, berikut ini tujuh manfaat yang bisa didapat jika bergabung dalam OSIS.

1. Belajar Organisasi

Dengan bergabung di OSIS, tentu kamu akan belajar mengenai organisasi. Kamu akan berkenalan dengan struktur organisasi, bagian-bagian atau divisi organisasi, serta belajar beradaptasi untuk bekerja sama dalam tim atau antartim.

2. Melatih memanajemen waktu

Selain belajar berorganisasi, kamu juga akan belajar manajemen waktu karena harus membagi waktu antara organisasi dan pelajaran di sekolah. Agar kegiatan OSIS tidak mengganggu tugasmu sebagai seorang siswa yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk belajar, maka kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik. 

3. Menambah Pengalaman

Dengan bergabung dalam OSIS, sudah dapat dipastikan pengalaman kamu akan bertambah. Setiap kegiatan yang dilakukan akan memberikan pengalaman baru untukmu karna kamu terlibat dalam kegiatan tersebut sebagai panitia atau pelaksana, bukan hanya peserta atau bahkan penonton saja.

4. Melatih Kedisiplinan

Datang rapat tepat waktu adalah hal paling sederhana dalam OSIS untuk melatih kedisiplinan. Selain itu, dibutuhkan manajemen waktu yang baik agar semua
program kerja bisa selesai tepat waktu. Dengan begitu, OSIS akan jadi tempat yang tepat untuk melatih kedisiplinanmu.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Keberanian

Memiliki tanggung jawab dan diharuskan berinteraksi dengan rekan kerja akan membantu meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian, lho. Jadi, kalau kamu ingin mengembangkan kepercayaan diri dan keberanian, bergabung dalam OSIS adalah pilihan tepat.

6. Melatih Tanggung Jawab

Menjadi pengurus OSIS, kamu pastinya memiliki program kerja sesuai dengan divisi yang dipilih. Nah, menyusun, menjalankan, dan mengevaluasi program kerja merupakan salah satu tanggung jawab yang harus diemban. Selain itu, kamu juga harus bisa mengatasi masalah yang muncul dengan baik dan profesional.

7. Melatih Komunikasi

Dalam berorganisasi tidak mungkin tidak berkomunikasi, kan? Maka dari itu, komunikasi adalah kunci dalam sebuah organisasi. Memiliki rekan kerja dengan ragam latar belakang dan budaya juga bisa membantu meningkatkan kemampuan komunikasi, lho.

8. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Sebagai pengurus OSIS, kamu memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memimpin anggota OSIS, yaitu seluruh siswa sekolah. Maka dari itu, untuk bisa mengarahkan dan menggerakkan seluruh anggota OSIS, diperlukan jiwa kepemimpinan yang bisa dipelajari dari latihan dasar kepemimpinan yang diberikan.

9. Memiliki banyak teman dan dekat dengan guru

Tak berhenti di sana, keuntungan lain menjadi pengurus OSIS membuat kamu mudah dikenal oleh siswa-siswi di sekolah, baik itu teman seangkatan, kakak kelas, maupun adik kelas. Dari situlah kamu bisa mendapatkan banyak teman.

Bahkan bukan hanya di sekolahmu, karena sering mengadakan kegiatan di luar, kamu juga pasti akan banyak berteman dengan siswa sekolah lain. Selain itu,  kamu juga akan lebih dikenal guru-guru di sekolah. Keuntungan dekat dengan guru akan membuatmu lebih up-to-date dengan berita-berita di sekolah.

10. Melatih berpikir kreatif dalam mencari solusi

Saat menjadi pengurus OSIS, kamu akan dihadapkan dengan berbagai persoalan saat menjalankan tugas, seperti kekurangan dana untuk menjalankan acara sekolah.

Dari situlah, pengurus OSIS mampu berpikir out of the box, seperti mencari penggalangan dana dengan mencari sponshorship, menjual produk tertentu. Dengan begitu, kamu akan terbiasa berpikir kreatif dalam mencari solusi dari berbagai persoalan.


Itulah 10 manfaat yang didapat jika bergabung dalam OSIS. Tertarik untuk menjadi pengurus OSIS?

 


Posting Komentar untuk "10 Manfaat Jadi Pengurus OSIS, Minat untuk Gabung?"