TES GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK BARU

Peserta didik Baru di SMPN 10 Sijunjung sedang melaksanakan tes pengisian instrumen gaya belajar dengan antusias dalam rangka penentuan kelas belajar saat tahun pelajaran baru dimulai bulan Juli mendatang

Dalam kelanjutan PPDB SMPN 10 Sijunjung seluruh Peserta Didik SMPN 10 Sijunjung TP 2022-2023, diwajibkan untuk Mengisi Instrumen Tes Gaya Belajar untuk mengetahui kecenderungan karakter peserta didik dalam belajar serta mengetahui kemampuan peserta didik dalam menggunakan handphone sebagai alat dan media pembelajaran.

Tes ini tidak melihat jawaban benar atau salah. Peserta didik diharapkan menjawab setiap pertanyaan dengan sejujurnya sesuai dengan yang anda alami atau rasakan selama ini. 

Gaya belajar ini merupakan cara seseorang dalam menerima hasil belajar dengan tingkat penerimaan yang optimal dibandingkan dengan cara yang lain. Setiap orang memiliki gaya belajar masing-masing. Pengenalan gaya belajar sangat penting. Bagi guru dengan mengetahui gaya belajar tiap siswa maka guru dapat menerapkan tekhnik dan strategi yang tepat baik dalam pembelajaran maupun dalam pengembangan diri dan dengan Mengetahui gaya belajar siswa, akan mempermudah guru untuk menyediakan lingkungan yang mendukung dan mempermudah siswa menyerap informasi secara maksimal

3 Macam tipe gaya belajar yang diterapkan di SMPN 10 Sijunjung

1. Tipe Visual

Gaya belajar visual menyerap informasi terkait dengan visual, warna, gambar, peta, diagram dan belajar dari apa yang dilihat oleh mata. Artinya bukti-bukti konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham, gaya belajar seperti ini mengandalkan penglihatan atau melihat dulu buktinya untuk kemudian mempercayainya.

2. Tipe Audio

Gaya belajar audio adalah gaya belajar dengan cara mendengar, yang memberikan penekanan pada segala jenis bunyi dan kata, baik yang diciptakan maupun yang diingat. Gaya pembelajar auditori adalah dimana seseorang lebih cepat menyerap informasi melalui apa yang ia dengarkan. Penjelasan tertulis akan lebih mudah ditangkap oleh para pembelajar audio ini.

3. Tipe Kinestetik

Gaya belajar kinestetik dapat belajar paling baik dengan berinteraksi atau mengalami hal-hal di sekitarnya. Gaya pembelajar kinestetik cenderung mampu memahami sesuatu dengan adanya keterlibatan langsung, daripada mendengarkan ceramah atau membaca dari sebuah buku. Gaya belajar kinestetik suka melakukan hal-hal dan menggunakan tubuh mereka untuk mengingat fakta, seperti "memanggil" (dialing) nomor telepon pada telepon genggam mereka. Gaya belajar kinestetik, berarti belajar dengan menyentuh dan melakukan.

Posting Komentar untuk "TES GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK BARU"